Agen Bola - Pernah kah Anda berpikir bahwa setir di setiap mobil Formula 1 (F1) hanya untuk mengendalikan roda? Buang jauh-jauh pemikiran tersebut karena jelas salah.
The Sun melansir sebuah artikel yang menunjukkan kepada publik seperti apa bentuk setir mobil F1, beserta tombol apa saja yang terdapat di dalamnya. Tak lupa, media Inggris ini menjelaskan fungsi dari masing-masing panel tersebut.
Balapan F1 adalah refleksi dari perpaduan kecepatan dan teknologi, baik teknologi mesin atau pun perangkat lain yang menyertai. Dan kali ini, akan "dibedah" setir mobil pembalap tim Sauber, Pascal Wehrlein.
Setidaknya, ada 20 tombol di setir mobil milik mantan rekan satu tim Rio Haryanto ini. Ternyata ini lah fungsi dari tombol-tombol tersebut.
DRS - Mengaktifkan keseimbangan sayap mobil
BRKMAP - Menyetel keseimbangan pengereman
N - Menetralkan posisi gigi antara 1 ke 2
Box - Menyampaikan pesan ke konstruktor bahwa pembalap akan masuk pit
10 - Menunjukkan peta mesin
SOC - Kontrol energi daro ERS
BBal - - Memperlambat pengereman
BBal + - Mempercepat pengereman
Ack - Memantau perubahan setingan mesin
MODE - Pengaturan torsi mesin
MID - Pengaturan suplai bensin
HS - Kontrol konsumsi oli
Tombol kanan bawah - Memantau keadaan ban
Oil - Membuka jalan oli ke tangki utama
SOS - Tombol darurat
PL - Mengkatifkan kecepatan maksimal di dalam pit
R - mengaktifkan atau mematikan sambungan radio control
EB Switch - Pemetaan pedal
Musim lalu, Wehrlein mengaspal di 16 seri balapan jet darat dari total 21 seri yang dilombakan. Dia melewatkan balapan di Azerbaijan, Inggris, Belgia, Italia dan Meksiko.
Hasil terbaiknya didapat di Bahrain, dengan finis di peringkat 13. Dengan satu poin dari musim lalu, namanya berada di peringkat 19 klasemen akhir pembalap.