PM Spanyol Bersumpah Cegah Catalonia Merdeka - mahkotaberita.com - Berita Terkini, Terupdate Dan Terpercaya

Post Top Ad

iacpoker

Bonus JP
PM Spanyol Bersumpah Cegah Catalonia Merdeka

PM Spanyol Bersumpah Cegah Catalonia Merdeka

Share This

IACBET ~ Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy, bersumpah akan mencegah sekuat tenaga upaya daerah Catalonia untuk mendeklarasikan kemerdekaannya pada pekan depan.

Pada Ahad, 1 Oktober 2017, Catalonia menggelar referendum kemerdekaan yang tidak diakui pemerintah Spanyol. Hasil pemungutan suara itu, menurut laporan sejumlah media, adalah sekitar 90,18 persen atau 2,28 juta orang memilih Catalonia berpisah dari Spanyol. Namun jumlah warga yang mengikuti referendum itu kurang dari setengah populasi.

"Pemerintah akan mencegah deklarasi kemerdekaan Catalonia," kata Rajov dalam sebuah wawancara dengan koran El Pais, yang diterbitkan pada Sabtu, 7 Oktober 2017.  
Pejabat Spanyol lain mengatakan gerakan warga Catalonia itu dilakukan di tengah tuntutan otonomi yang lebih luas dalam kerangka perjanjian dengan pemerintah pusat.


Ribuan orang berkumpul saat melakukan aksi emonstrasi yang mendukung dialog di sebuah lapangan di Barcelona, Spanyol, 7 Oktober 2017.

Otoritas Catalan mengatakan bahwa mayoritas dari mereka yang memilih mendukung perpecahan dari Spanyol. REUTERS/Sergio Perez
"Spanyol akan tetap menjadi Spanyol dan akan berlanjut hingga waktu yang tak terbatas," kata Perdana Menteri Rajoy.

Rajoy mengatakan, pemerintah akan melindungi persatuan dan kedaulatan negara serta akan mengambil seluruh tindakan yang diperlukan guna mencegah tujuan yang mereka inginkan.

Pada Selasa pekan depan, parlemen Catalonia akan menggelar sidang untuk memproses pemisahan wilayah itu dari Spanyol.

Sementara itu, pada Ahad, 8 Oktober 2017, ribuan orang menggelar aksiberpakaian putih-putih di ibu kota Spanyol, Madrid, dan Catalonia. Mereka mendesak para pemimpin Spanyol dan politikus bertemu untuk memulai dialog guna mengakhiri krisis politik.

Post Bottom Ad



jdk

bape88

loading...

Pages